Asal-usul istilah
Kursor adalah bahasa Latin untuk 'pelari.' Kursor adalah nama yang diberikan ke slide transparan yang diukir dengan garis rambut yang digunakan untuk menandai titik pada aturan slide. Istilah itu kemudian ditransfer ke komputer melalui analogi.
Kursor teks
Informasi lebih lanjut: navigasi Caret
Dalam aplikasi pengeditan teks yang khas, kursor dapat dipindahkan dengan menekan berbagai tombol. Ini termasuk empat tombol panah, tombol Page Up dan Page Down, tombol Home, tombol End, dan berbagai kombinasi tombol yang melibatkan kunci pengubah seperti tombol Control. Posisi kursor juga dapat diubah dengan menggerakkan penunjuk mouse ke lokasi yang berbeda dalam dokumen dan mengklik. Pada sebagian besar antarmuka baris perintah atau editor teks, kursor teks, juga dikenal sebagai tanda sisipan, [2] adalah garis bawah , persegi panjang padat, atau garis vertikal, yang mungkin berkedip atau stabil, menunjukkan di mana teks akan ditempatkan ketika dimasukkan (titik penyisipan). Dalam tampilan mode teks, tidak mungkin untuk menunjukkan bar vertikal antara karakter untuk menunjukkan di mana teks baru akan disisipkan, jadi kursor atau kursor blok digunakan sebagai gantinya. Dalam situasi di mana blok digunakan, blok biasanya dibuat dengan membalikkan piksel karakter menggunakan fungsi atau fungsi matematika boolean. [3] Pada editor teks dan pengolah kata desain modern pada tampilan bitmap, bar vertikal biasanya digunakan sebagai gantinya.
Berkedip kursor teks biasanya sementara ditangguhkan ketika sedang dipindahkan; jika tidak, kursor dapat berubah posisi ketika tidak terlihat, membuat lokasinya sulit untuk diikuti.
Beberapa antarmuka menggunakan garis vertikal garis bawah atau tipis untuk menunjukkan bahwa pengguna berada dalam mode insert, mode tempat teks akan disisipkan di tengah teks yang ada, dan blok yang lebih besar untuk menunjukkan bahwa pengguna berada dalam mode overtype, di mana disisipkan teks akan menimpa teks yang ada. Dengan cara ini, kursor blok dapat dilihat sebagai bagian dari teks yang dipilih satu karakter lebar, karena mengetik akan menggantikan teks "dalam" kursor dengan teks baru.
Teks dua arah
Sebuah kursor teks garis vertikal dengan sedikit kiri-menunjuk atau kanan-menunjuk tambahan adalah untuk menunjukkan arah aliran teks pada sistem yang mendukung teks dua arah, dan dengan demikian biasanya dikenal di antara para programmer sebagai 'kursor bidi'. Dalam beberapa kasus, kursor dapat dibagi menjadi dua bagian, masing-masing menunjukkan di mana kiri-ke-kanan dan kanan-ke-kiri teks akan dimasukkan. [4]
Kursor mouse [sunting]
Artikel utama: Pointer (antarmuka pengguna grafis)
Kursor penunjuk atau kursor menggemakan gerakan perangkat penunjuk, biasanya mouse, touchpad, atau trackball. Kursor semacam ini digunakan untuk memanipulasi elemen antarmuka pengguna grafis seperti menu, tombol, scrollbars atau widget lainnya. Ini bisa disebut "pointer mouse," karena mouse adalah jenis perangkat penunjuk dominan yang digunakan dengan komputer desktop.
I-beam pointer
I-beam pointer.
Penunjuk I-beam (juga disebut kursor-I) adalah kursor yang berbentuk seperti huruf kapital serifed "I". Tujuan kursor ini untuk menunjukkan bahwa teks di bawah kursor dapat disorot, dan terkadang disisipkan atau diubah. [5]
Kursor 3D
Contoh kursor 3D dalam lingkungan pemodelan 3D (tengah).
Ide kursor yang digunakan sebagai penanda atau titik penyisipan untuk data baru atau transformasi, seperti rotasi, dapat diperluas ke lingkungan pemodelan 3D. Blender, misalnya, menggunakan kursor 3D untuk menentukan di mana operasi masa depan akan berlangsung.
Komentar
Posting Komentar